3 Alasan Mengapa Segmentasi Pasar Itu Penting!

segmentasi pasarMenurut Hermawan Kertajaya segmentasi adalah metode untuk memandang pasar secara kreatif. Yaitu dengan membagi pasar sesuai dengan kebutuhan tertentu. Contohnya dari sisi krakteristik pasar akan kebutuhan produk yang berbeda-beda. Menemukan segmen pasar yang tepat membantu seorang pengusaha untuk fokus dalam merancang stragei yang akan diterapkan untuk memenangkan hati pelanggan.

Mengapa Anda mendefiniskan segmen pasar yang tepat penting bagi bisnis Anda? Berikut ini ada 3 alasan utama kenapa Anda dan tim Anda wajib untuk mengenali segmen pasar yang tepat bagi bisnis Anda;

1. Segmentasi dapat menghemat cost / biaya.
Dengan dipilihnya segmentasi, maka perusahaan akan fokus pada segmentasi tersebut. Hal ini bisa memangkas biaya, energi, dan SDM untuk fokus pada hal tersebut saja. Maka pengeluaran anda bisa lebih hemat jika dibandingkan mereka yang fokusnya masih belum ditentukan.

2. Segmentasi memudahkan positioning.
Segmentasi dapat menjadi dasar untuk positioning merek. Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan agar mendapatkan tempat khusus dalam pikiran target market.

3. Segmentasi menambah daya saing anda terhadap kompetitor.
Dengan segmentasi, perusahaan dapat melihat siapa saja pesaingnya. Dan tentu saja dapat melihat letak peluang mereka di pasar. Maka dengan data-data segmentasi, perusahaan bisa dengan mudah menentukan apa yang harus mereka lakukan dengan kompetitor.

Dalam inbound marketing proses segmentasi dilakukan dengan mendefinisakan dengan baik persona dari konsumen ideal Anda.

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *