3 Cara Ukur Efektifitas Social Media Marketing

mengukur social media roiBagaimana Anda mengelola dan mengukur efektifitas dari aktifitas social media marketing yang Anda lakukan? Ukuran-ukuran apa saja yang Anda gunakan untuk mengetahui apakah social media marketing yang Anda terapkan pada bisnis Anda benar-benar bermanfaat?

Dalam tulisan ini kita akan membahas apa saja yang harus diukur untuk mengetahui seberapa efektifkah performa dari program social media marketing yang perusahaan Anda lakukan.

#1. Mengukur SOV / Share of Voice di Social Media

Mungkin Anda sudah melakukan pemantauan seberapa sering brand Anda di-mention di social media. Juga mengamati apa isi mention tersebut, apakah berisi pesan positif atau negative. Dan mungkin dari dua informasi tersebut Anda sudah mendapat insight dari aktifitas social media bisnis Anda.

Tapi apakah Anda tahu bagaimana performa social media brand bisnis Anda dibandingkan dengan brand lain dan seberapa besar dominasinya di dunia social media?

Untuk mengetahui dominasi brand bisnis Anda di ranah social media dibandingkan dengan brand lain, Anda perlu mengukur SOV (Share of Voice). Dengan melakukan pengukuran SOV Anda bisa mengetahui berapa bagiankan dari twit yang beredar dengan topic sesuai industry bisnis Anda mengarah ke akun social media brand Anda dan membandingkannya dengan seberapa besar yang didapat oleh brand lain.

#2. Mengukur Referral Traffic Social Media

Membangun sebuah komunitas yang besar menggunakan social media seperti Twitter dan Facebook tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Anda. Namun di sisi lain, menarik sebanyak mungkin audience di social media untuk membuka halaman landing page pada website Anda merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Optimasi social media marketing tentunya juga harus membantu Anda meningkatkan jumlah orang yang membuka landing page di website Anda yang tentunya akan membantu memperbanyak konversi leads yang Anda perlukan. Jadi mengukur seberapa besar traffic website yang datangkan lewat social media dapat dijadikan salah satu tolak ukur keberhasilan social media marketing yang Anda lakukan.

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan web analytics seperti Google Analytics. Dari data yang didapatkan menggunakan Google Analytics, Anda bisa mengevaluasi platform social media manakah yang benar-benar efektif untuk Anda.

#3. Tingkat Conversion Rate Social Media

Dalam seluruh pekerjaan digital marketing, termasuk social media marketing, Conversion Rate adalah tolak ukur yang penting. Conversion rate memberikan acuan pada Anda untuk menilai program digital marketing mana yang benar-benar manjur membantu meningkatkan omset bisnis Anda.

Tentunya dalam mengukur konversi Anda harus memiliki goal yang jelas. Apakah itu jumlah leads baru yang Anda dapatkan, jumlah penjualan ke pelanggan baru, pembelian kembali oleh pelanggan lama, atau goal lainnya. Hasil pengukuran tingkat konversi dapat membantu Anda menata budget promosi digital marketing Anda dengan lebih tepat terutama dalam memilih platform social media yang tepat.

Dengan selalu mengukur efek dari social media marketing yang Anda lakukan, Anda akan lebih responsive dalam melakukan evaluasi dan perubahan startegi Anda. Dengan demikian investasi yang telah Anda keluarkan untuk social media marketing dapat secara optimal Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis.

Ingin berbagi saran, cerita, atau pertanyaan seputar atikel di atas? Silakan tinggal komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *