3 Tips Memulai Content Marketing

content marketingSaya yakin Anda sudah semakin sering mendengar manfaat dari content marketing untuk bisnis Anda. Namun mengapa banyak pengusaha yang menunda-nunda untuk mencoba menerapkan content marketing strategy meskipun dalam sekala yang kecil? Dan jawaban yang sering saya temukan adalah karena kurangnya waktu atau bingung belum mendapatkan ide untuk membuat content.

Kekuatan dari content marketing yang dijalankan dengan benar akan memberikan efek positif bagi bisnis Anda. Telah banyak yang membuktikan bahwa content marketing dapat membantu bisnis untuk meningkatkan jumlah pelanggan mereka dan tentunya meningkatkan omset bisnis itu. Dan jika Anda ingin melakukan penghematan budget, bisa jadi content marketing adalah jawabannya karena pada umumnya biaya content marketing relatif lebih murah dari pada saluran promosi konvensional untuk hasil yang sama.

Jika Anda bingung bagaimana menerapkan content marketing yang benar, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency seperti Digitama.co.id. Namun jika Anda benar-benar ingin mengerjakannya sendiri bersama tim di dalam perushaaan Anda, ada 3 teknik content marketing yang ingin kami bagikan untuk Anda.

#1 Buatlah Content Yang Bermanfaat Secara Rutin

Apa jadinya jika Anda telah membuat sebuah content marketing plan namun tidak memiliki konten sama sekali? Dalam sebuah strategi content marketing tentunya membuat konten adalah sebuah keharusan. Artikel atau konten apapun yang Anda buat harus benar-benar memberikan manfaat bagi pembacanya yang juga merupakan calon pelanggan Anda.

Nah … jika Anda sudah memiliki ide-ide luar biasa untuk dijadikan konten atau artikel, ada baiknya Anda belajar dasar-dasar SEO. Lakukanlah keyword research dengan baik dan kemudian gabungkanlah dengan ide-ide konten Anda kedalam sebuah jadwal posting. Anda boleh melakukan posting perhari, perpekan, ataupun perbulan, yang paling penting adalah Anda harus rutin melakukannya. Jika rutinitas ini bisa menjadi kebiasaan maka hampir bisa dipastikan traffick pengunjung ke website bisnis Anda akan meningkat.

#2 Kumpulkan Email Para Pembaca Konten

Saya yakin Anda sudah tidak asing lagi dengan pop-up yang sering muncul saat Anda browsing yang meminta Anda untuk memasukkan data email Anda. Lakukan juga hal yang sama pada website Anda untuk mengumpulkan daftar email. Daftar email ini atau yang sering kita sebut Leads, umumnya akan berisi orang-orang yang tertarik dengan topik dari konten yang Anda buat. Sehingga di waktu berikutnya Anda bisa memberitahukan kepada mereka ketika Anda mempublish konten baru.

Selain itu, daftar email tersebut nantinya dapat Anda olah tersendiri untuk melakukan promosi atau poses nurturing leads dan mengkonversi leads menjadi penjualan.

#3 Konversi Penikmat Konten Anda Menjadi Fans

Lengkapilah content marketing Anda dengan social media button untuk memudahkan orang membagikan content marketing yang Anda buat ke akun social media mereka. Dan ajak mereka untuk follow twitter dan like FB page usaha Anda.
Bangunlah komunikasi yang baik dengan auidience Anda di social media karena mereka dapat menjadi faktor kali yang cepat dalam melakukan distribusi konten.

Dan tentunya social media juga menjadi signal yang penting bagi search engine dalam menentukan rankging website Anda yang bisa mempengaruhi jumlah traffic ke website Anda juga.

Mulailah terapkan Content Marketing dari sekarang …

Jika Anda mempunyai waktu luang sekitar 15 menit setiap harinya, mengapa Anda tidak mencoba membuat artikel untuk content marketing bisnis Anda?

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *