5 Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Menjual

Boleh percaya atau tidak, kata – kata yang kita gunakan untuk menulis deskripsi produk kita di website atau toko online yang kita bangun dapat mempengaruhi besar kecilnya peluang untuk terjadinya penjualan.

Meskipun deskripsi produk yang kita tulis kan di website kita bukanlah satu – satunya faktor yang menentukan konversi penjualan namun mempunyai peran penting untuk memberikan pengalaman belanja online kepada pelanggan kita.

Beberapa efek dari deskripsi produk yang baik:
– Dapat menciptakan koneksi emosional dengan pembacanya
– Membuat pengunjung website tertarik terhadap produk tersebut
– Dan tentunya meningkatkan konversi dan pendapatan

Deskripsi Produk Penting Bagi Konsumen & Search Engine Optimization
Secara teknis deskripsi produk yang baik akan sangat membantu proses Search Engine Optimization (SEO) dan juga membantu konsumen memperloleh informasi dengan nyaman tentang produk yang kita tawarkan.

Namun ternyata masih banyak toko online maupun website e-commerce yang tidak merasakan manfaat dari penulisan deskripsi produk yang baik dikarenakan mereka hanya menuliskan beberapa kata dalam deskripsi produknya atau bahkan terkadang ada yang sama sekali tidak menuliskannya dan hanya mencantumkan gambar produk dan harga produk.

Jika kita tidak dapat menceritakan produk kita dalam bentu deskripsi produk yang baik, lalu bagaimana kita akan meyakinkan pengunjung website kita untuk membeli produk yang kita jual di toko online yang kita buat?

Dan jangan lupa search engine memerlukan tulisan untuk mengetahui halaman website toko online kita. Tidak seperti manusia, search engine tidak dapat melihat gambar sebagai mana mata manusia melihat gambar. Dan bila search engine tidak dapat menemukan informasi yang lengkap di halaman website tentunya halaman tersebut akan mendapatkan ranking yang buruk pada halaman hasil pencarian search engine.

Asumsikanlah deskripsi produk sebagai karyawan bagian penjualan atau sales pada sebuah toko offline. Merekalah yang bertugas membantu calon pembeli untuk memilih produk yang paling cocok dan menjawab pertanyaan – pertanyaan dari para calon pembeli. Seorang sales yang handal akan mencerikan segalanya yang calon pembeli perlu ketahui tentang produk yang dijual agar calon pembeli yakin untuk membeli. Inilah yang juga menjadi inti fungsi dari deskripsi produk yang baik pada setiap halaman produk yang ada pada toko online kita. Maka pastikan dengan baik setiap halaman produk di website kita benar-benar dapat membantu pengunjung website untuk mengambil keputusan yang tepat dalam membeli produk dari toko online kita.

5 Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Menjual

Berikanlah nilai tambah kepada calon pelanggan kita dengan membuat deskripsi produk yang informative dan menarik agar bermanfaat bagi pengunjung website kita dalam mengambil keputusan untuk membeli produk dari kita. Jika kita merasa kurang yang kin dengan deskripsi produk yang sudah kita tulis, berikut ini ada 5 cara menulis deskripsi produk yang menjual di setiap halaman produk toko online kita:

1. Gunakanlah gaya bahasa yang cocok dengan target market kita.
Kita harus benar-benar berusaha untuk memahami karakter dari target market kita yang akan membaca deskripsi produk yang kita tuliskan. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kita untuk menuliskan deskripsi produk dengan gaya komunikasi yang lebih personal untuk calon pelanggan.

Jika kita belum memiliki data lengkap tentang target market, kita bisa berusaha dengan mengamati gaya bahasa yang sering digunakan oleh pembeli produk kita. Tentunya gaya bahasa anak muda dengan gaya bahasa orang yang jauh lebih tua akan berbeda.

2. Jangan hanya copy & paste deskripsi produk dari kemasan dan jangan gunakan istilah teknis yang rumit.
Jika kita sebelumnya sering hanya copy & paste tulisan yang tertera pada kemasan produk, mari kita hentikan kebiasaan itu sekarang! Mari kita coba berlatih menulis kembali deskripsi tersebut dengan bahasa yang lebih manusiawi dan komunikatif.

Pengunjung website kita akan malas untuk membaca deskripsi produk yang kaku. Apa lagi jika pada deskripsi produk tersebut banyak tertulis istilah – istilah rumit atau teknis yang susah dimengerti oleh orang awam. Dan kalau kita masih nekat sekedar copy – paste jangan kaget kalau suatu saat nanti website kita terkena penalty oleh Google karena duplicate content.

Tulislah deskripsi produk yang unik dan enak untuk dibaca yang nantinya juga akan memberikan dampak positif untuk SEO website toko online kita.

3. Ceritakanlah manfaat produk, bukan sekedar daftar fitur.
Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan para pemilik toko online sering kali mereka hanya mencantumkan fitur dari produk yang dijula tapi lupa atau malas untuk bercerita tentang manfaat dari fitur – fitur tersebut bagi konsumen.

Ketika kita menulis deskripsi produk pastika kita selalu memikirkan sudut pandang konsumen agar kita dapat menuliskan informasi apa yang konsumen cari. Tulisan deskripsi produk haruslah menonjolkan manfaat yang konsumen terima dan informasi tersebut dapat dengan cepat ditangkap konsumen tentang apa yang bisa mereka dapatkan dari produk kita dalam memecahkan masalah dalam hidup mereka.

4. Cutomer Friendly & SEO Friendly
Apa yang kita tuliskan pada deskripsi produk harus kita pastikan dapat memberikan semua informasi yang ingin diketahui oleh calon pelanggan kita dan mampu meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut dari kita. Berikut beberapa hal yang perlu ditonjolkan dalam menulis deskripsi produk agar menarik bagi calon pembeli:
– Cantumkan keunikan, kualitas dan manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh konsumen.
– Cantumkan lengkap informasi biaya, ukuran, warna, material produk dan informasi lainnya mengenai spesifikasi produk.
– Urutkan informasi dalam deskripsi produk dengan urutan yang mudah dipahami.

Selain mudah dipahami pengunjung website, deskripsi produk juga harus disukai search engine atau search engine friendly. Kita bisa melakukannya dengan menuliskan keywords pada tittle tag, heading, meta description, image caption dan tentunya pada tulisan deskripsi produk itu sendiri. Tentunya hindari over-optimization dan keyword stuffing.

5. Lakukanlah tes, ukur dan perbaikan!
Ketika kita mengubah deskripsi produk yang kita tulisa pastikan kita juga memantau efeknya terhadap jumlah pengunjung website, ranking di search engine dan tentunya dampaknya terhadap konversi penjualan. Lakukanlah pencatatan dengan baik agar mudah menemukan sesuatu untuk kita perbaiki atau sesuatu penting yang berdampak positif terhadap website kita. Lakukanlah perbaikan terus menerus jika memang dinilai hasilnya tidak memuaskan.

Demikian tadi 5 cara bagaimana menuliskan deskripsi produk agar berdampak baik bagi SEO dan konversi penjualan kita. Jika ada pengalaman yang ingin di bagikan tuliskanlah pada kolom komentar di halaman ini.

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *