5 Masalah Umum Social Media Marketing Pada UKM & Solusinya

produk ukmFenomena banyaknya bisnis UKM yang memanfaatkan social media seperti Facebook dan Twitter dalam memasarkan produknya adalah sebuah pertanda yang bagus. Dimana ini berarti banyak bisnis UKM yang melek teknologi dan mau menerapkan teknologi internet untuk memasrkan produk mereka.

Namun social media terkadang juga membawa beberapa masalah baru. Social media marketing memang dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda, tapi juga bisa jadi sebaliknya bila salah kelola. Berikut ini ada beberapa masalah umum yang sering dihadapi pelaku UKM dalam menggunakan social media dan jawaban bagaimana untuk menanganinya.

5 Masalah Umum Social Media Marketing Pada UKM & Solusinya

#1. Merasa masih aman.
Mungkin bisnis yang Anda miliki saat ini sudah berjalan lama atau bahkan puluhan tahun dan menurut Anda masih menguntungkan dan baik-baik saja, Anda merasa masih aman. Perasaan seperti ini terkadang membuat beberapa pengusaha malas untuk mencoba sesuatu yang baru, termasuk social media marketing.

Sadarkah Anda jika competitor Anda benar-benar memanfaatkan social media marketing dengan benar Anda dapat kehilangan pangsa pasar. Konsumen Anda dapat secara bertahap lebih mengenal pesaing Anda dan dalam beberapa tahun kedepan bisa jadi Anda benar-benar kehilangan sebagian besar konsumen Anda yang tentunya itu adalah sesuatu yang buruk bagi bisnis Anda.

Dengan trend peningkatan jumlah pengguna smartphone dan social media yang semakin meningkat saat ini tidak ada alasan untuk tidak mulai menerapkan social media marketing sejak sekarang agar tidak kehilangan market share di waktu mendatang.

#2. Menganggap social media marketing itu mudah.
Sering saya temui orang-orang yang menganggap mengelola akun social media untuk aktifitas social media marketing sama mudahnya seperti memainkan akun social media pribadi. Akibatnya jika terjadi salah kelola bisa berefek buruk pada citra brand atau usaha.

Melakukan update status di Facebook Page atau ngetwit di Twitter dilihat dari sisi teknis memang mudah dan dapat dilakukan semua orang. Tapi jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang optimal dari social media marketing Anda memerlukan sesuatu yang lebih dari sekedar “bisa update status”.

Dalam menjalankan social media marketing Anda diharuskan untuk mampu meraih perhatian konsumen. Anda harus mampu berinteraksi dengan baik sehingga tercipta engagement yang kuat menggunakan social media. Untuk itu Anda perlu belajar banyak hal tentang marketing dan social media, mengikuti pelatihan social media marketing, membaca buku referensi dan berkonsultasi dengan ahlinya.

#3. Diabaikan oleh followers.
Kadang-kadang Anda merasa Anda sudah melakukan segalanya untuk menyenangkan hati folowers Anda. Namun nyatanya respon yang Anda dapat tidaklah seperti yang Anda harapkan. Tenang Anda tidak sendirian, banyak yang juga merasakannya, namun Anda tidak boleh berhenti.

Pada umumnya rendahnya respon dari audience Anda di social media adalah karena gagalnya dalam membangun engagement yang kuat. Ada beberapa hal yang bisa Anda mulai koreksi; mulai dari topic, cara penyampaian, social media platform yang Anda pilih, hingga kualitas audience yang Anda miliki. Cobalah untuk Anda evaluasi satu-persatu dan temukan ide kreatif untuk memperbaikinya.

#4. Social Media Membuang Banyak Waktu.
Sebagian orang beranggapan bahwa untuk menjalankan social media marketing mereka harus berjam-jam melihat timeline. Anggapan ini yang mungkin juga Ada dalam pikiran Anda ketika memikirkan soal social media. Apalagi bagi pelaku UKM yang umumnya masih mengerjakan hampir semua urusan dalam bisnisnya merasa bertambah bebannya ketika juga harus mengelola akun social media.

Idealnya memang akan lebih mudah jika Anda bisa mendelegasikan urusan social media marketing. Namun jika memang benar-benar harus Anda kelola sendiri kuncinya ada pada perencanaan dan disiplin dengan jadwal. Ada banyak social media tools yang dapat Anda pilih untuk membantu Anda merencanakan dan menjadwalkan promo social media Anda.

#5. Tidak Punya SDM Untuk Social Media Marketing
Tidak banyak memang pelaku UKM yang punya karyawan khusus untuk mengelola internet marketing usaha tersebut kecuali yang memang usahanya sejak awal berbasis bisnis online. Dan Anda sebagai owner pun mungkin sudah merasa tidak punya waktu lagi karena banyaknya pekerjaan yang harus ia selesaikan sendiri sehingga benar-benar tidak ada waktu untuk mengelola social media.

Solusinya Anda bisa mencari karyawan baru atau karyawan lama untuk Anda didik atau Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency seperti Digitama.

Apakah Anda Pelaku UKM?

Jika Anda pelaku UKM dan telah menerapkan social media marketing pada bisnis Anda, Anda dapat membaginya bersama kami dengan memberikan komentar pada tulisan ini.

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *