Apasih yang Menarik dari Universal Analytics?

Sudah sejak lama para praktisi digital marketer menggunakan data dari Google Analytics untuk membantu dalam proses analisis dan memahami aktifitas pengunjung pada sebuah website. Tapi ternyata Google Analytics kerap kali mencatat pengunjung yang membuka kembali website kita dicatat sebagai pengunjung baru. Seiring berjalannya waktu, Google Analytics mengembangkan teknologi perekaman datanya dengan menghadirkan Universal Analytics.

Pada tulisan kali ini, kita akan mencoba sama-sama untuk mengetahui apa itu Universal Analytics, dan apakah dampaknya bagi industry digital marketing?

google analytics

Apa itu Universal Analytics?

Universal Analytics adalah sebuah teknologi baru yang dikembangkan Google untuk website analytics nya yang memungkinkan kita untuk melacak interaksi pengunjung website dengan pendekatan “user centric” yang jauh berbeda dari teknologi analytics sebelumnya yang menggunakan pendekatan “per visit”.

Pendekatan “user centric” ini dilakukan dengan melacak unique client ID yang terintergrasi dengan setiap pengunjung website yang teregister pada website kita. Maka setiap kali pengunjung log in ke website kita, aktifitas yang pengunjung tersebut lakukan akan terekam pada website analytics dalam uniqe ID pengunjung tersebut dan tidak selalu menganggapnya sebagai pengunjung baru.

Saat ini Universal Analytics masih dalam tahab Beta dan hanya bisa digunakan untuk web property yang baru atau ditambahkan pada akun Google Analytics. Kita belum bisa menalakukan upgrade untuk web property yang telah kita buat sebelumnya.

Apa yang bisa kita lakukan dengan teknologi website analytics yang baru ini?

Track Multiple Visits
Dengan adanya unique ID untuk setiap user website, kita bisa dengan lebih baik dan detail memantau aktifitas dari user dan mendapatkan data yang lebih bersih tentang kebiasaan user dalam menggunakan website. Contohnya, dengan menemukan data bahwa ketika mayoritas user pertama kali berkunjung di website kita dan mereka menghabiskan banyak waktu untuk membaca seluruh halaman website, tapi kemudian di kesempatan berikutnya ternyata mereka hanya sering membuka halaman sebuah produk tertentu kita, dari sini kita tahu apa yang mereka cari dan apa yang harus kita lakukan.

Multiple Browse Tracking
Dengan memberikan unique ID bagi setiap user website kita dapat mengidentifikasi jika user yang sama mengakses website kita dari browser yang berbeda. Contohnya, jika seorang user melakukan registrasi di website kita dengan menggunakan browser Chrome dan selang beberap waktu kemudian mengunjungi website kita dan log in menggunakan browser Firefox, aktifitas ini akan terekam sebagai aktifitas 1 unique user.

Cross Device Tracking
Mungkin dengan teknologi sebelumnya kita bisa mendapatkan data pada perangkat manakah user lebih banyak melakukan pembelian, apakah menggunakan desktop atau perangkat mobile. Sayangnya kita tidak dapat mengetahui sebenarnya sebelum mereka melakukan pembelian mereka mengakses website kita menggunakan desktop atau menggunakan perangkat mobile terlebih dahulu.

Dengan teknologi Universal Analytic kita dapat mengetahui dengan lebih detail data tersebut. Dengan penerapan unique ID para praktisi marketing tidak perlu pusing lagi untuk menebak dari mana pertama kalinya seorang user datang mengunjungi website.

Offline Activity
Teknologi baru Universal Analytics ini katanya memungkinkan kita melacak behavior user kita baik secara online dan offline. Dengan protocol tertentu, data dapat dikumpulkan dari call center system, program-program promo. Untuk penerapannya saya masih mecari informasi contoh-contoh real penerapan teknologi analytics yang baru ini di lapangan.

Apa dampaknya bagi industry Digital Marketing?

Yang pasti teknologi Universal Analytics ini jika diterapkan degan baik memberikan peluang bagi perusahaan untuk semakin memahami konsumennya secara satu per satu. Sehingga kedepannya sangat dimungkinkan untuk menghadirkan consumer experience yang sangat terpersonalisasi untuk setiap konsumen atau user.

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *