Rahasia Website Dengan Tingkat Konversi Tinggi (Bagian 1)

Rahasia Website Dengan Tingkat Konversi Tinggi Website yang memiliki tingkat konversi yang tinggi memiliki beberapa kesamaan, yaitu mereka menerapkan pola yang terstruktur dalam merancang sebuah rencana untuk mengoptimasi konversi sertiap halaman-halaman website yang mereka buat. Dengan pola-pola conversion rate optimization yang mereka terapkan inilah mereka mampu meningkatkan penjualan mereka.

Bagi Anda yang mulai familiar dengan istilah conversion rate optimization mungkin akan berpikir bahwa banyak dari pengusaha di luar sana fokus untuk mengoptimalkan tingkat konversi websitenya untuk meningkatkan penjualan. Namun faktanya banyak pengusaha yang tidak meluangkan waktu dan sumber daya yang dimilikinya untuk urusan optimasi konversi. Alasan umum yang sering muncul adalah karena mereka masih dapat mengandalkan aktifitas yang selama ini sudah dilaksanakan dan kurang memahami bahwa dengan menerapkan teknik-teknik untuk meningkatkan konversi akan berdampak cukup besar untuk meningkatkan penjualan.

Ada beberapa fakta menarik seputar conversion rate optimization yang perlu Anda ketahuai dan coba Anda gunakan untuk menilai website yang Anda miliki:

1. Pentingnya 8 detik pertama, ini adalah waktu maksimal yang Anda miliki untuk membuat seseorang yang pertama kali membuka website Anda tertarik dengan informasi yang ada di website Anda. Jika judul atau headline dan desain landing page yang Anda buat tidak bisa menarik perhatian mereka dalam waktu kurang dari 8 detik kemungkinan besar mereka akan meninggalkan halaman website Anda.

2. Tahukah Anda bahwa 96 persen dari orang yang berkunjung ke website Anda sebenarnya adalah orang-orang yang belum siap untuk bertransaksi atau membeli produk dari Anda ketika saat itu juga.

3. Fakta yang tidak bisa dipungkiri, website yang memiliki jumlah landing page lebih banyak rata-rata mendapatkan leads lebih banyak.

4. Perlu Anda ketahui bahwa sebuah video tentang produk atau jasa Anda yang terpasang pada website Anda dapat meningkatkan keinginan orang untuk membeli hingga 144 persen.

5. Dan setiap detik yang terbuang percuma untuk menunggu loading website yang lama dapat menurunkan tingkat konversi website Anda hingga 7 persen.

Saya yakin sekarang Anda jadi lebih tahu hal apakah yang harus Anda fokuskan dalam mengoptimalkan website usaha Anda, dan menjadi hal yang penting untuk mengetahui bagaimanakah pemilik website dengan tingkat konversi yang tinggi mengoptimasi websitenya. Beberapa tips ini akan membantu Anda melakukan conversion rate optimization pada website Anda untuk mendapatkan lebih banyak lagi traffic, penjualan dan tentunya keuntungan.

Pertegas keunikan produk / jasa Anda

Ketika seseorang membuka website Anda, mereka ingin mengetahui apa yang Anda tawarkan. Kelebihan apa yang Anda janjikan dibandingkan dengan competitor Anda. Pertegas positioning Anda dengan jelas pada landing page yang Anda buat. Contoh yang paling mudah jika Anda ingin menunjukkan bahwa harga produk Anda murah, Anda bisa tambahkan label diskon yang menarik pada landing page Anda.

Tes & Ukur Efektifitas Call To Action

Call To Action (CTA) adalah elemen pada landing page yang memberikan pesan atau perintah langsung dan jelas kepada pengunjung apa yang dapat mereka lakukan setelah membaca landing page Anda, seperti; tombol download ebook / software yang mengarahkan mereka untuk mengisi formulir, tombol “Order” yang mengarahkan mereka ke halaman pemesanan, atau ajakan untuk follow akun Twitter usaha Anda. Perintah-perintah khusus yang ada pada CTA akan mengarahkan pengunjung untuk melakukan sesuatu sesuai yang Anda inginkan.

CTA memiliki porsi yang penting dalam urusan konversi. Berbagai tipe dan design CTA dapat memberikan hasil konversi yang berbada. Selalu tes dan ukur elemen CTA di setiap landing page yang Anda buat untuk menemukan design CTA yang paling efektif.

Tes & Ukur Headline Secara Rutin

Apakah yang umumnya dibaca pertama kali oleh pengunjung landing page Anda? Jawabanya hampir bisa dipastikan adalah judul atau headline dari landing page itu. Satu kalimat yang dapat membantu meningkatkan datangnya penjualan dan sebaliknya.

Orang bilang kesan pertama yang Anda berikan kepada orang yang baru Anda kenal itu penting, ini berlaku juga di dunia digital. Judul atau headline yang Anda pasang adalah “kesan pertama” tersebut. Untuk membuat sebuah headline yang menjual ada 2 tips yang bisa Anda terapakn:

1. Pertegas positioning produk atau jasa Anda dan nilai lebih atau value yang Anda tawarkan.

2. Ringkas dan jelas, kurangi penggunaan bunga-bunga kata yang tidak perlu.

Dalam urusan conversion rate optimization tidak ada formula baku, itulah mengapa tes dan ukur wajib dilakukan untuk menentukan ramuan mana yang paling efektif dan mana yang tidak.

Adalah hal yang penting untuk meningkatkan tingkat konversi website jika Anda ingin mendapatkan peningkatan penjualan. Tips yang sudah dibagikan di halaman ini dapat Anda gunakan untuk mulai mengoptimasi landing page Anda. Kuncinya Anda harus mau untuk mencoba dan tes hal-hal baru yang Anda temukan dari website-website yang sukses dalam penjualan.

Pada tulisan berikutnya saya akan berbagi lebih banyak langkah-langkah conversion rate optimization yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan konversi.

Posted in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *